Sabtu, 14 Januari 2017

KAROMAH SYECH IBNU ATTHOILLAH AS SAKANDARI

من كرامات
الشيخ ابن عطاءالله السكندرى
==============
Dari karomah As-Syeikh Ibnu 'Atooillah As-Sakandari

يقول الامام ابن النحوى رحمه الله :
Berkata Al-Imam Ibnun Nahwi Ra
حضرت مجلس سيدى ابن عطاءالله السكندرى ذات يوم
وهو يومئذ كبير الصوفية فى عصره ،
Suatu hari aku pernah hadir di majelis Sayyidi Ibnu 'Atooillah As-Sakandari,yang mana beliau ketika itu,dizamannya adalah kelompok ulama pembesar sufi
فنظرت إليه متعجبا من علومه
Aku melihat kepadanya&aku merasa kagum atas ilmunya
فقلت فى نفسى  :
Maka aku berkata dalam hatiku
ياترى الشيخ فى أى مقام من المقامات هو ؟
Duhai syeikh,sekiranya engkau sekarang ini berada di maqom kedudukan manakah disisiNya
فنظر لى الشيخ و قطع حديثه
Maka Ibnu 'Atooillah melihatku&memutus pembicaraan-nya
وقال : فى مقام المذنبين العاصين يا بن النحوى .
فعجبت من ذلك
Dan beliau berkata;di dalam kedudukan orang-orang yang berdosa yang ma'siat wahai ibnun nahwi
و لزمت الصمت من هيبته ثم سلمت عليه و انصرفت ،
Maka aku-pun berusaha diam karena kewibawaannya,kemudian aku bersalam kepadanya&aku pergi
فرأيت فى تلك الليلة سيدنا رسول الله صلى الله عليه وسلم
Malam itu aku melihat Rosul Saw didalam mimpiku
على مرتبة عالية ، و الصحابة الكرام حوله و الناس مجتمعون
Beliau Rosul berada didalam kedudukan yang tinggi sedangkan para shohabat yang mulia disekitar beliau&manusia banyak berkumpul juga didalam majlis tersebut
فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم :
Maka Rosul Saw bersabda
أين تاج الدين بن عطاء الله ؟
Dimanakah Taajud diin bin 'Atooillah
فقال : نعم  يارسول الله .
Beliau menjawab;ya Rosul
فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم :
Maka Rosul Saw bersabda;
تكلم فإن الله يحب كلامك ...فتكلم .
Berceramahlah maka sesungguhnya ALLAH menyenangi pembicaraanmu...maka beliau-pun berceramah
واستيقظت ..فجئت لسيدى ابن عطاءالله رضى الله عنه ..
Maka aku terbangun dari tidurku,aku-pun mendatangi Ibnu 'Atooillaah Ra
فسمعته يتكلم بما سمعته فى الرؤيا أمام سيدنا
رسول الله صلى الله عليه وسلم .
Aku mendengarkan beliau berceramah sebagaimana ceramah yang aku dengarkan didalam mimpi yang beliau berceramah dihadapan Rosul Saw itu
فقلت فى نفسى هذا والله هو المقام ..
Maka aku berkata didalam hatiku.....ini.....demi ALLAH yang dinamakan maqom atau kedudukan disisNya
فنظر لى سيدى ابن عطاء الله السكندرى
وقـــــــــــــــال :
Maka Sayyidi Ibnu 'Atooillah As-Sakandarii melihat kepadaku&berkata
" وما خفى عنك كان أعظم يا بن النحوى " .
Apa yang masih tidak engkau ketahui lebih banyak lagi wahai Ibnan Nahwi
______________________
رضى الله عن الشيخ ابن عطاءالله السكندرى .
Semoga keridhoan ALLAH selalu tercurah kepada Syaikh Ibnu 'Atooillaah As-Sakandarii

PRIBADI AGUNG ROSULULLAH SAW.

100 KEUTAMAAN ROSULULLAH SAW

Al-Imam Jakfar Shadiq RA berkata :
"Saya tidak ingin seseorang meninggal dunia sementara ia belum mengetahui sebagian perilaku Rasulullah Saw."
1. Ketika berjalan, beliau berjalan secara pelan-pelan dan wibawa.
2. Ketika berjalan, beliau tidak menyeret langkah kakinya.
3. Pandangan beliau selalu mengarah ke bawah.
4. Beliau senantiasa mengawali salam kepada siapa saja yang dilihatnya... tidak ada seorangpun yang mendahuluinya dalam mengucapkan salam.
5. Ketika menjabat tangan seseorang, beliau tidak pernah melepaskannya terlebih dahulu.
6. Beliau bergaul dengan masyarakat sedemikian rupa sehingga setiap orang berpikir bahwa dirinya adalah satu-satunya orang yang paling mulia di mata Rasulullah.
7. Bila memandang seseorang, beliau tidak memandang sinis bak pejabat pemerintah.
8. Beliau tidak pernah memelototi wajah seseorang.
9. Beliau senantiasa menggunakan tangan saat mengiyaratkan sesuatu dan tidak pernah mengisyaratkan dengan mata atau alis.
10. Beliau lebih banyak diam dan baru akan berbicara bila perlu.
11. Saat bercakap-cakap dengan seseorang, beliau mendengarkan dengan baik.
12. Senantiasa menghadap kepada orang yang berbicara dengannya.
13. Tidak pernah berdiri terlebih dahulu selama orang yang duduk bersamanya tidak ingin berdiri.
14. Tidak akan duduk dan berdiri dalam sebuah pertemuan melainkan dengan mengingat Allah.
15. Ketika masuk ke dalam sebuah pertemuan, beliau senantiasa duduk di tempat yang akhir dan dekat pintu, bukan di bagian depan.
16. Tidak menentukan satu tempat khusus untuk dirinya dan bahkan melarangnya.
17. Tidak pernah bersandar saat di hadapan masyarakat.
18. Kebanyakan duduknya menghadap kiblat.
19. Bila di hadapannya terjadi sesuatu yang tidak disukainya, beliau senantiasa mengabaikannya.
20. Bila seseorang melakukan kesalahan, beliau tidak pernah menyampaikannya kepada orang lain.
21. Tidak pernah mencela seseorang yang mengalami kesalahan bicara.
22. Tidak pernah berdebat dan berselisih dengan siapapun.
23. Tidak pernah memotong pembicaraan orang lain kecuali bila orang tersebut bicara sia-sia dan batil.
24. Senantiasa mengulang-ulangan jawabanya atas sebuah pertanyaan agar jawabannya tidak membingungkan pendengarnya.
25. Bila mendengar ucapan yang tidak baik dari seseorang, beliau tidak mengatakan mengapa si fulan berkata demikian, tapi beliau mengatakan, bagaimana mungkin sebagian orang mengatakan demikian?"
26. Banyak bergaul dengan fakir miskin dan makan bersama mereka.
27. Menerima undangan para abdi dan budak.
28. Senantiasa menerima hadiah, meski hanya seteguk susu.
29. Melakukan silaturahmi lebih dari yang lain.
30. Senantiasa berbuat baik kepada keluarganya tapi tidak melebihkan mereka dari yang lain.
31. Senantiasa memuji dan mendukung pekerjaan yang baik dan menilai buruk dan melarang perbuatan yang jelek.
32. Senantiasa menyampaikan hal-hal yang menyebabkan kebaikan agama dan dunia masyarakat kepada mereka dan berkali-kali mengatakan, "Orang-orang yang hadir hendaknya menyampaikan segala yang didengarnya kepada orang-orang yang tidak hadir."
33. Senantiasa menerima uzur orang-orang yang punya uzur.
34. Tidak pernah merendahkan seseorang.
35. Tidak pernah memaki atau memanggil seseorang dengan gelar yang jelek.
36. Tidak pernah mengutuk orang-orang sekitar dan familinya.
37. Tidak pernah mencari-cari aib orang lain.
38. Senantiasa menghindari kejahatan masyarakat, namun tidak pernah menghidar dari mereka dan beliau selalu bersikap baik kepada semua orang.
39. Tidak pernah mencaci masyarakat dan tidak banyak memuji mereka.
40. Senantiasa bersabar menghadapi kekurangajaran orang lain dan membalas kejelekan mereka dengan kebaikan.
41. Selalu menjenguk orang yang sakit, meski tempat tinggalnya dipinggiran Madinah yang sangat jauh.
42. Senantiasa menanyakan kabar dan keadaan para sahabatnya.
43. Senantiasa memanggil nama sahabat-sahabatnya dengan panggilan yang terbaik.
44. Sering bermusyawarah dengan para sahabatnya dan menekankan untuk melakukannya.
45. Senantiasa duduk melingkar bersama para sahabatnya, sehingga bila ada orang yang baru datang, ia tidak bisa membedakan di antara mereka yang manakah Rasulullah.
46. Akrab dan dekat dengan para sahabatnya.
47. Beliau adalah orang yang paling setia dalam menepati janji.
48. Senantiasa memberikan sesuatu kepada fakir miskin dengan tangannya sendiri dan tidak pernah mewakilkannya kepada orang lain.
49. Bila sedang dalam shalat ada orang datang, beliau memendekkan shalatnya.
50. Bila sedang shalat ada anak kecil menangis, beliau memendekkan shalatnya.
51. Orang yang paling mulia di sisi beliau adalah orang yang paling banyak berbuat baik kepada orang lain.
52. Tidak ada seorangpun yang putus asa dari Rasulullah Saw. Beliau selalu mengatakan, "Sampaikan kebutuhan orang yang tidak bisa menyampaikan kebutuhannya kepada saya!"
53. Bila ada seseorang membutuhkan sesuatu kepada beliau, Rasulullah Saw pasti memenuhinya bila mampu, namun bila tidak mampu beliau menjawabnya dengan ucapan atau janji yang baik.
54. Tidak pernah menolak permintaan seseorang, kecuali permintaan untuk maksiat.
55. Beliau sangat menghormati orang tua dan menyayangi anak-anak.
56. Rasulullah Saw sangat menjaga perasaan orang-orang asing.
57. Beliau selalu menarik perhatian orang-orang jahat dan membuat mereka cenderung kepadanya dengan cara berbuat baik kepada mereka.
58. Beliau senantiasa tersenyum sementara pada saat yang sama beliau sangat takut kepada Allah.
59. Saat gembira, Rasulullah Saw memejamkan kedua matanya dan tidak banyak menunjukkan kegembiraannya.
60. Tertawanya kebanyakan berupa senyuman dan tidak pernah tertawa terbahak-bahak.
61. Beliau banyak bercanda namun tidak pernah mengeluarkan ucapan sia-sia atau batil karena bercanda.
62. Rasulullah Saw mengubah nama yang jelek dengan nama yang baik.
63. Kesabarannya mendahului kemarahannya.
64. Tidak sedih dan marah karena kehilangan dunia.
65. Saat marah karena Allah, tidak seoranpun yang akan mengenalnya.
66. Rasulullah Saw tidak pernah membalas dendam karena dirinya sendiri melainkan bila kebenaran terinjak-injak.
67. Tidak ada sifat yang paling dibenci oleh Rasulullah selain bohong.
68. Dalam kondisi senang atau susah tidak lain hanya menyebut nama Allah.
69. Beliau tidak pernah menyimpan Dirham maupun Dinar.
70. Dalam hal makanan dan pakaian tidak melebihi yang dimiliki oleh para pembantunya.
71. Duduk dan makan di atas tanah.
72. Tidur di atas tanah.
73. Menjahit sendiri pakaian dan sandalnya.
74. Memerah susu dan mengikat sendiri kaki ontanya.
75. Kendaraan apa saja yang siap untuknya, Rasulullah pasti mengendarainya dan tidak ada beda baginya.
76. Kemana saja pergi, beliau selalu beralaskan abanya sendiri.
77. Baju beliau lebih banyak berwarna putih.
78. Bila memakai baju baru, maka baju sebelumny pasti diberikan kepada fakir miskin.
79. Baju kebesarannya khusus dipakai untuk hari Jumat.
80. Ketika memakai baju dan sandal, beliau memulainya dari sebelah kanan.
81. Beliau menilai makruh rambut yang awut-awutan.
82. Senantiasa berbau harum dan kebanyakan pengeluarannya untuk minyak wangi.
83. Senantiasa dalam kondisi memiliki wudu dan setiap mengambil wudu pasti menyikat giginya.
84. Cahaya mata beliau adalah shalat. Beliau merasa menemukan ketenangan dan ketentraman saat shalat.
85. Beliau senantiasa berpuasa pada tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulan.
86. Tidak pernah mencaci nikmat sama sekali.
87. Menganggap besar nikmat Allah yang sedikit.
88. Tidak pernah memuji makanan dan tidak juga mencelanya.
89. Memakan makanan apa saja yang dihidangkan kepadanya.
90. Di depan hidangan makanan beliau senantiasa makan makanan yang ada di depannya.
91. Di depan hidangan makanan, beliau yang paling duluan hadir dan paling akhir meninggalkannya.
92. Tidak akan makan sebelum lapar dan akan berhenti dari makan sebelum kenyang.
93. Tidak pernah makan dua model makanan.
94. Ketika makan tidak pernah sendawa.
95. Sebisa mungkin beliau tidak makan sendirian.
96. Mencuci kedua tangan setelah selesai makan kemudian mengusapkannya ke wajah.
97. Ketika minum, beliau meneguknya sebanyak 3 kali. Awalnya baca Bismillah dan akhirnya baca Alhamdulillah.
98. Rasulullah lebih memiliki rasa malu daripada gadis-gadis pingitan.
99. Bila ingin masuk rumah, beliau meminta izin sampai tiga kali.
100. Waktu di dalam rumah, beliau bagi menjadi tiga bagian : satu bagian untuk Allah, satu bagian untuk keluarga dan satu bagian lagi untuk dirinya sendiri. Sedangkan waktu untuk dirinya sendiri beliau bagi dengan masyarakat.

NABI SAW. ADALAH RAHMAT BAGI SELURUH ALAM

MANIFESTASI RAHMATAN LIL-ALAMIN?

Allah swt di dalam firmannya menyifati Nabi Muhammad saw dengan Rahmat lil-alamiin

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ

Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.

Lalu muncul pertanyaan, kenapa Nabi Muhamma saw mengangkat senjata untuk perang dan menghalalkan rampasan perang?

Ketahuilah, Apa yang telah disifatkan Allah adalah benar, Nabi Muhammad saw adalah utusan Allah swt yang menebar rahmat di alam semesta, diantara bentuk rahmatnya adalah ditundanya azdab bagi orang yang mendustakan Nabi Muhammad saw, berbeda dengan umat umat nabi terdahulu yang  langsung diadzab ketika mereka mendustakan nabinya.
Allah swt berfirman
  وما كان الله ليعذّبهم وانت فيهم.
"Tidaklah Allah swt mengazdab mereka sedangkan engkau wahai Muhammad saw berada di tengah-tengah mereka"

Rasulullah juga pernah diminta mendoakan turunnya adzab atas orang- orang musyrik, namun Sang Rasul menjawab: aku diutus sebagai penebar rahmat, bukan sebagai menebar azdab. Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA.

Adapun kejadian perang yang dilakukan Nabi Muhammad saw dan para sahabatnya bukan tanpa alasan, Nabi Muhammad saw mengangkat pedang untuk memerangi orang-orang sombong yang tidak mau menyambut ajakan Nabi Muhammad saw dan orang-orang yang menentang atas kebenaran ajaran islam.

Bisa juga dibuatkan permisalan, Hujan itu rahmat akan tetapi bisa juga berubah menjadi adzab, walupun air hujan itu berkah, Allah swt berfirman:

وانزلنا من السماء ماء مباركا

"Dan aku turunkan dari langit air yang penuh berkah"

Allah swt adalah tuhan yang penuh rahmat dan kasih sayang ( الرحمن الرحيم  ), Namun di sisi lain Allah swt juga mempunyai sifat maha membalas bagi hamba-hamba yang berani bermaksiat kepada-Nya ( المنتقم ).  Begitu pula sifat Nabi Muhammad saw, selain mempunyai sifat rahmat beliau juga mempunyai sifat pemberani dan tegas bagi musuh-musuh Allah swt dan bagi orang yang berani menghina agamanya Allah swt yaitu agama islam.

Syech Abdurahman addibaiy menerangkan sifat Nabi Muhammad saw  dalam maulidnya,
وَيَعْفُوْ عَنِ الذَّنْبِ إِذَا كَانَ فِيْ حَقِّهِ وَسَبَبِهِ، وَإِذَا ضُيِّعَ حَقُّ اللهِ لَمْ يَقُمْ أَحَدٌ لِغَضَبِهِ.

Nabi Muhammad selalu memaafkan kesalahan apabila yang diganggu itu adalah hak pribadinya, akan tetapi apabila hak Allah Swt diganggu, maka tidak seorang pun mampu membendung kemarahan beliau.

Walhasil, jangan sampai kita memakai dalil rahmatan lil-alamiin untuk membela kemungkaran sehingga kita masuk di kategori ad'aful iman atau orang yang lemah imannya.

( jawahirul-bihar.hal 174-175 )

Wallahu a'lam.

HAK-HAK AHLUL BAIT NABI SAW.

Hak Hak Ahlulbait
ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺻﻞ ﻋﻠﻰ ﺳﻴﺪﻧﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻟﻬﻢ ﻭﺍﺯﻭﺟﻪ ﻭﺫﺭﻳﺘﻪ ﻭﺍﻫﻞ ﺑﻴﺘﻪ ﻭﺍﺻﺤﺎ ﺑﻪ ﻭﺑﺎ ﺭﻙ ﻭﺳﻠﻢ
Dari Muadz bin Jabal, bersabda Rasulullah saw : Sesungguhnya Allah telah menciptakan aku, Ali, Fathimah, Hasan dan Husein, tujuh ribu tahun sebelum Allah menciptakan dunia. Aku (Muadz bin Jabal) bertanya : Dimanakah selama itu engkau berada. Nabi menjawab : Di Arsy, dimana Allah swt bertasbih memuji, mensucikan serta mengagungkannya.
Ali, Fathimah, Hasan dan Husein, mereka adalah ‘aal Muhammad’ yang telah disucikan, sebagaimana firman Allah swt dalam surat al-Ahzab ayat 33 :
ﺇِﻧَّﻤَﺎ ﻳُﺮِﻳْﺪُ ﺍﻟﻠﻪ ﻟِﻴُﺬْﻫِﺐَ ﻋَﻨْﻜُﻢُ ﺍﻟﺮِﺟْﺲَ ﺃَﻫْﻞَ ﺍﻟﺒَﻴْﺖِ ﻭَ ﻳُﻄَﻬِّﺮَ ﻛُﻢْ ﺗَﻄْﻬِﻴْﺮًﺍ
“Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan kotoran (rijs) dari kalian hai Ahlul Bait."
Hal tersebut sesuai dengan hadits Rasulullah saw yang diriwayatkan oleh Ahmad, Turmudzi, Nasai dan al-Hakim dari al-Muthallib bin Rabi’ah, ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda :
ﻭَﺍﻟﻠﻪِ ﻻَ ﻳَﺪْﺧُﻞُ ﻓَﻠْﺐَ ﺍﻣْﺮِﺉٍ ﻣُﺴْﻠِﻢٍ ‏( ﺇِﻳْﻤَﺎﻥٌ ‏) ﺣَﺘَّﻰ ﻳُﺤِﺒُّﻜُﻢْ ﻟﻠﻪ ﻭَ ﻟِﻘَﺮَﺍﺑَﺘِﻰ
“Demi Allah, iman tidak akan masuk ke dalam hati seorang muslim sehingga ia mencintai kalian (keluarga nabi saw) karena Allah dan karena hubungan keluarga denganku”.
Di samping itu terdapat pula hadits yang memerintahkan kepada umat Islam untuk mencintai Rasulullah saw dan keluarganya seperti yang diriwayat oleh Turmudzi, Thabrani dan al-Hakim dari Ibnu Abbas, Rasulullah saw bersabda :
ﺍَﺣِﺒُّﻮﺍ ﺍﻟﻠﻪ ﻟِﻤَﺎ ﻳَﻐْﺪُﻭْﻛُﻢْ ﺑِﻪِ ﻣِﻦْ ﻧِﻌَﻤِﻪِ ﻭَﺍَﺣِﺒُّﻮْﻧِﻰ ﻟِﺤُﺐِّ ﺍﻟﻠﻪِ , ﻭَﺍَﺣِﺒُّﻮﺍ ﺍَﻫْﻞَ ﺑَﻴْﺘِﻰ ﻟِﺤُﺒِّﻰْ
“Cintailah Allah karena nikmat-nikmat yang telah dianugerahkan-Nya, dan cintailah aku karena kecintaan (kamu) kepada Allah, serta cintailah ahlu al-baitku karena kecintaan (kamu) kepadaku”.
Anak cucu keturunan Rasulullah saw merupakan keberkahan bagi umat Islam. Mereka selalu ada pada tiap zaman, sebab dengan keberadaan mereka itu Allah swt menghindarkan umat manusia dari malapetaka. Kecuali jika umat manusia sudah memilih jalannya sendiri yang sesat menuju kehancuran. Keturunan Rasulullah ibarat cahaya bintang yang menunjukkan arah bagi bahtera yang sedang berlayar di tengah samudera dalam keadaan gelap gulita. Thabrani meriwayat hadits dalam kitab al-Ausath dari Abu Said al-Khudri, ia berkata Rasulullah saw bersabda :
ﺍِﻧَّﻤَﺎ ﻣَﺜَﻞَ ﺍَﻫْﻞِ ﺑَﻴْﺘِﻰْ ﻣِﺜْﻞُ ﺳَﻔِﻴْﻨَﺔِ ﻧُﻮْﺡٍ ﻣَﻦْ ﺭَﻛِﺒَﻬَﺎ ﻧَﺠَﺎ ﻭَﻣَﻦْ ﺗَﺨَﻠَّﻒَ ﻋَﻨْﻬَﺎ ﻏَﺮِﻕَ , ﻭَ ﺍِﻧَّﻤَﺎ ﻣَﺜَﻞَ ﺍَﻫْﻞِ ﺑَﻴْﺘِﻰْ ﻓِﻴْﻜُﻢْ , ﻣَﺜَﻞَ ﺑَﺎﺏِ ﺣِﻄَّﺔٍ ﻓِﻰ ﺑَﻨِﻰ ﺍِﺳْﺮَﺍﺋِﻴﻞَ ﻣَﻦْ ﺩَﺧَﻠَﻬَﺎ ﻏُﻔِﺮَ ﻟَﻪُ
“Perumpamaan (kedudukan) ahlu al-baitku seperti bahtera Nuh. Barang siapa menaikinya dia akan selamat dan barang siapa meninggalkannya dia akan tenggelam. Dan perumpamaan ahlu al-baitku di antara kamu seperti pintu pengampunan di antara Bani Israil, barang siapa memasukinya maka dosa-dosanya akan diampuninya”.
Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Thabrani, al-Hakim dari Ibnu Abbas, Rasulullah saw bersabda :
… ﻓَﻠَﻮْ ﺍَﻥَّ ﺭَﺟُﻼً ﺻﻔَﻦَ ﺑَﻴْﻦَ ﺍﻟﺮُّﻛْﻦِ ﻭَﺍﻟﻤَﻘَﺎﻡِ , ﻭَﺻَﻠَّﻰ ﻭَﺻَﺎﻡَ , ﺛُﻢَّ ﻣَﺎﺕَ , ﻭَﻫُﻮَ ﻣُﺒْﻐِﺾٌ ﻻِﻫْﻞِ ﺑَﻴْﺖِ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ‏( ﻭَﺁﻟِﻪِ ‏) ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺩَﺧَﻞَ ﺍﻟﻨَّﺎﺭَ .
“… Maka sekiranya seseorang berdiri di antara salah satu sudut Ka’bah dan maqam Ibrahim, lalu ia shalat dan puasa, kemudian meninggal sedangkan ia adalah pembenci keluarga (ahlu al-bait) Muhammad, pasti ia masuk neraka”.
Tidak diragukan lagi bahwa ‘aal Muhammad’ yang dalam zaman kita sekarang ini terkenal dengan sebutan kaum Alawiyin, merupakan orang-orang yang memiliki fadhilah dzatiyyah (keutamaan dzat) yang dikarunia Allah swt kepada mereka melalui hubungan darah dengan insan pilihan-Nya. Sangat naif sekali anggapan yang menyamakan mereka dengan orang-orang dari keturunan lain, karena anggapan demikian itu sama artinya dengan menyamakan pribadi Rasulullah saw dengan pribadi lain.
Dari Hasan bin Ali berkata, aku mendengar kakekku Rasulullah saw bersabda :
ﺧﻠﻘﺖ ﻣِﻦْ ﻧُﻮْﺭِ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰَّ ﻭ ﺟﻞَّ ﺧﻠﻖ ﺃﻫْﻞَ ﻧَﻴْﺘِﻲ ﻣِﻦْ ﻧُﻮﺭِﻱ , ﺧﻠﻖ ﻣﺤﺒﻴﻬﻢ ﻣِﻦْ ﻧُﻮﺭِﻫﻢ , ﻭ ﺳَﺎﺋﺮ ﺍﻟﺨَﻠْﻖِ ﻓِﻲ ﺍﻟﻨَﺎﺭِ .
“Saya dijadikan dari nur Allah azza wa jalla, dan dijadikan ahlu al-baitku dari nurku, dan dijadikan para pencinta mereka (ahlu al-bait) dari nur mereka (ahlu al-bait), sedangkan yang lainnya berada dalam neraka”.
Dari Ja’far al-Shaddiq, bersabda Rasulullah saw : Wahai Jabir, Sesungguhnya Allah swt, tidak ada tuhan selain-Nya, awal pertama menciptakan makluq-Nya adalah menciptakan Muhammad saw, dan menciptakan ahlu al-bait dari nur keagungan-Nya. Kemudian ditempatkan di bawah perlindungan-Nya, di mana pada saat itu belum ada langit, bumi, malam, siang, matahari, bulan dan semua tempat.

KEUTAMAAN AL FATEHAH

*```"ALLAH MENJAWAB AL-FATIHAH KITA"```*

*```Banyak sekali orang yang tegesa-gesa ketika membaca Al-Fatihah di saat shalat.. tanpa spasi, dan seakan-akan ingin cepat menyelesaikan shalatnya.

Padahal di saat kita selesai membaca satu ayat dari surah Al-Fatihah, ALLAH menjawab setiap ucapan kita.

Dalam Sebuah Hadits Qudsi Allah SWT ber-Firman:

"Aku membagi al-Fatihah menjadi dua bagian, untuk Aku dan untuk Hamba-Ku."```*

■ *```Artinya, tiga ayat di atas Iyyaka Na'budu Wa iyyaka nasta'in adalah Hak Allah, dan tiga ayat kebawahnya adalah urusan Hamba-Nya.```*

■ *```Ketika Kita mengucapkan "AlhamdulillahiRabbil 'alamin"```*

*```Allah menjawab: "Hamba-Ku telah memuji-Ku."```*

■ *```Ketika kita mengucapkan "Ar-Rahmanir-Rahim```*

*```Allah menjawab: "Hamba-Ku telah mengagungkan-Ku."```*

■ *```Ketika kita mengucapkan "Maliki yaumiddin".```*

*```Allah menjawab: "Hamba-Ku memuja-Ku."```*

■ *```Ketika kita mengucapkan “Iyyaka na’ budu wa iyyaka nasta’in”.```*

*```Allah menjawab: “Inilah perjanjian antara Aku dan Hamba-Ku.”```*

■ *```Ketika kita mengucapkan “Ihdinash shiratal mustaqiim, Shiratalladzinaan’amta alaihim ghairil maghdhubi alaihim waladdhooliin.” ```*

*```Allah menjawab: “Inilah perjanjian antara Aku dan hamba-Ku. Akan Ku penuhi yang ia minta.” (HR. Muslim dan At-Tirmidzi)```*

■ *```Berhentilah sejenak setelah membaca setiap satu ayat. ```*

*```Rasakanlah jawaban indah dari Allah karena Allah sedang menjawab ucapan kita.```*

■ *```Selanjutnya kita ucapkan "Aamiin" dengan ucapan yang lembut, sebab Malaikat pun sedang mengucapkan hal yang sama dengan kita.```*

■ *```Barangsiapa yang ucapan “Aamiin-nya” bersamaan dengan para Malaikat, maka Allah akan memberikan Ampunan kepada-Nya.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud)```*

*```Sahabat jika artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan , sampaikan walau satu ayat```*

*```Sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam; "Siapa yang menyampaikan satu ilmu dan orang membaca mengamalkannya maka dia akan beroleh pahala walaupun sudah tiada```*
*```(HR. Muslim).```*

KEUTAMAAN SHODAQOH

Kemuliaan bersedekah
.
إن لقمة فى بطن جايع أفضل من عمارة سبعين جامع.
كلام الحبيب أحمد العطاس.
Sesungguhnya shodaqoh sesuap di perut orang yg lapar lebih utama dari memakmurkan tujuh puluh masjid jami'.
Kata hikmah alhabib ahmad al-atthos.
فى بعض الأخبار :
أن خليل الرحمن الرحيم نبي الله إبراهيم عليه السلام لما بنى البيت الكريم وفرغ من بنائه صلى فى كل ربع من أرباعه ألف ركعة، فأوحى الله إليه : يا إبراهيم، ما أحسن ما فعلت؟ ولكن لقمة فى بطن جائع تنفقها عليه خير من هذا كله.
القرطاس.
Dalam sebagian akhbar :
Bahwa Nabi ibrahim عليه السلام ketika membangun ka'bah dan ketika selesei dari pembangunannya beliau sholat di setiap sudut seribu rokaat, Allah mewahyukan kepadanya : wahai ibrahim, alangkah bagusnya yg kamu kerjakan? Akan tetapi satu suap pada perut orang lapar kamu infaqkan kepadanya lebih baik dari ini semua.
Al-qirthos.
إذا تصدق الرجل بصدقة تقول بلسان حالها
ثلا ث كلمات :
1. قد كنت قليلة فصرت كثيرة
2. قد كنت فانية فصرت باقية
3. قد كنت تحفظني فصرت أحفظك.
Jika seseorang bershodaqoh dg sesuatu maka shodaqoh itu berkata dg lisan halnya tiga kalimat :
1. Aku dulu sedikit sekarang menjadi banyak.
2. Aku dulu fana' sekarang menjadi kekal.
3. Engkau dulu menjagaku sekarang aku menjagamu.

Semoga bermanfaat.

BERDO'ALAH KEPADA ALLAH SWT.

BERDOALAH DENGAN LENGKAP

Dalam kitab ​Tasbitul Fuad,
Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad Rahimahullah berkata,

إذا سألت الله شيئاً فاسأله أن يكون -
ذلك الشيء- في أحسن أوقاته.
وقيِّد السؤال “بالعافية واللطف”،
فقد سَمع ابن مسعود رجلاً يسأل التوبة فقال :
هذا يسأل التوبة ولعل توبته في قطع يده، فليسأل مع ذلك العافية.

Jika kamu memohon sesuatu kepada Allah
maka mohonlah sesuatu itu di berikan pada waktu yang terbaik.
Dan gantungkan permohonan dengan kesehatan dan kelembutan.
Ibnu Mas’ud benar-benar telah mendengar seseorang memohon
agar diterima taubatnya,
maka dia berkata,
“Orang ini mohon di terima taubatnya dan mungkin taubatnya
di terima dengan tangannya di potong,
maka hendaknya dia mohon bersamaan dengan itu keselamatan".

وسأل رجلٌ مِن الله أنْ يحصِّل له كل يوم رغيفين،
ولم يسأل العافية، فَقدَّر اللهُ أنْ حُبِس،
وكان قد قام له أحد من الناس، كل يوم برغيفين فتَذَكَّر بعد ذلك، فسَألَ “العافية”،
فَفُكّ مِن الحَبْس. اهـ «تثبيت الفؤاد»

Seseorang memohon kepada Allah di beri dua roti setiap hari
untuknya dan dia tidak meminta keselamatan,
maka Allah taqdirkan dia di penjara.
Setiap hari seseorang datang kepadanya dengan membawa
dua potong roti lalu dia ingat.
Maka ia segera memohon keselamatan dan akhirnya di bebaskan dari penjara.

Semoga bermanfaat
Silahkan share

"KALAM SALAF"

TANTANGAN DALAM BERDAKWAH

•┈┈┈┈•✿❁✿•┈┈┈┈•
TERJALNYA MEDAN DAKWAH
        •┈┈┈┈•✿❁✿•┈┈┈┈•

Diceritakan saat Al Alim Al Habib Ali Zainal Abidin bin Abdurraman Al-jufri Mengikuti Rihlah dakwah Gurunya, Al Alim Al Allamah Al Musnid Al habib Umar Bin Hafidz Di kota Baidho', Yaman Bagian utara,

Orang-orang Selalu membicarakan Habib Ali dengan kejelekan, memberitakan tentang apa yang sebenarnya tidak ada dalam diri habib Ali, membuat fitnah yang salah tentang beliau, Sebuah tanda kalau mereka tidak menyukai beliau.

Dalam keadaan seperti itu dan rasa putus asa dalam berdakwah kepada mereka yang menyakitinya datanglah sebuah nasehat yang agung dari Habib Muhammad Al-Haddar Guru dari Habib Umar bin Hafidz kepada beliau Habib Ali Al-jufry yang menumbuhkan kembali semangat dakwah di sana sampai akhirnya sekarang Habib Ali menjadi orang yang sangat dicintai di baidho', nasehat agung nan singkat itu berbunyi. . .

يا علي ، ليس الرجل الذي يدخل من أذاه الى النار و لكن الرجل الذي يدخل من أذاه الى الجنة.

"Ali , ! Bukanlah Muslim sejati Mereka yang Memasukkan Orang yang menyakitinya ke neraka , tapi muslim sejati Mereka yg Memasukkan orang yang Menyakitinya ke dalam Surga" .

Dan inilah akhlak Baginda Nabi saat berdakwah ke Thoif, meskipun Beliau dihujani cacian dan batu, Beliau tetap bersabar dan berdoa untuk kebaikan mereka.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ هَمَّامِ بْنِ مُنَبِّهٍ قَالَ هَذَا مَا حَدَّثَنَا أَبُو هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرَ أَحَادِيثَ مِنْهَا وَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَثَلِي كَمَثَلِ رَجُلٍ اسْتَوْقَدَ نَارًا فَلَمَّا أَضَاءَتْ مَا حَوْلَهَا جَعَلَ الْفَرَاشُ وَهَذِهِ الدَّوَابُّ الَّتِي فِي النَّارِ يَقَعْنَ فِيهَا وَجَعَلَ يَحْجُزُهُنَّ وَيَغْلِبْنَهُ فَيَتَقَحَّمْنَ فِيهَا قَالَ فَذَلِكُمْ مَثَلِي وَمَثَلُكُمْ أَنَا آخِذٌ بِحُجَزِكُمْ عَنْ النَّارِ هَلُمَّ عَنْ النَّارِ هَلُمَّ عَنْ النَّارِ فَتَغْلِبُونِي تَقَحَّمُونَ فِيهَا

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah bersabda: "Perumpamaanku adalah bagaikan seorang yang menyalakan api. Maka tatkala api itu menerangi sekitarnya, tiba-tiba serangga-serangga beterbangan menjatuhkan diri ke dalam api itu. Dan orang tersebut telah berusaha menghalaunya. Namun serangga-serangga tersebut tetap mendesak masuk ke dalam api tersebut. Kata beliau: 'Maka itulah perumpamaanku dengan kalian, aku telah berusaha melindungim kalian dengan api neraka, jauhi api neraka, jauhi api neraka, namun kalian tetap nekad dan masuk ke dalamnya." [HR. Muslim]

اللهم صل وسلم وبارك وكرم ومجد وانعم على سيدنا ومولانا وحبيبنا وقرة أعيوننا ونور قلوبنا محمد وعلى آله وصحبه عدد خلقك ورضا نفسك وزينة عرشك ومدد كلماتك

FADHOILUS SHOLAWAT ALA NABI SAW.

KEUTAMAAN SHOLAWAT KEPADA NABI SAW.

Banyak sekali hadits yang menjelaskan keutamaan membaca shalawat kepada Nabi. Diantaranya:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ فِي كِتَابٍ لَمْ تَزَل الْمَلَائِكَةُتَسْنَغْفِرُ لَهُ مَا دَامَ اسْمِي فِي ذَلِكَ الْكِتَابِ

Barangsiapa berdoa (menulis) shalawat kepadaku dalam sebuah buku maka para malaikat selalu memohonkan ampun kepada Allah pada orang itu selama namaku masih tertulis dalam buku itu.

مَنْ سَرَّهُ أنْ يُلْقِى اللهَ وَهُوَ عَلَيْهِ رَاضٍ فَلْيُكْثِرْ مِنَ الصَّلَاةِ عَلَي
Barangsiapa yang ingin merasa bahagia ketika berjumpa dengan Allah dan Allah ridlo kepadanya, maka hendaknya ia banyak membaca shalawat kepadaku (Nabi).

مَا أكْثَرَ مِنَ الصَّلَاةِ عَلَيَّ فِيْ حَيَاتِهِ أَمَرَ اللهُ جَمِيْعَ مَخْلُوْقَاتِهِ أنْ يَسْتَغْقِرُوا لَهُ بَعْدَ مَوْتِهِ
Barangsipa membaca shalawat kepadaku di waktu hidupnya maka Allah memerintahkan semua makhluk-Nya memohonkan maaf kepadanya setelah wafat.
لقد حُدّثت عن بعض الصحابة,أنه كان يقول:
Telah benar-benar terjadi pembicara-an diantara sebagian para Shohabat, sesungguhnya Nabi Saw bersabda
إن من أشراط الساعة أن يكون في الأرض :
Sesungguhnya dari tanda-tanda dekatnya terjadi hari qiamat,terjadi di muka bumi ini
أمراء فجرة
Para pemimpin ahli ma'siat
ووزارء كذبة
Dan para mentri(pembantu para pemimpin) pembohong
وأمناء خونة
Dan orang-orang yang dipercaya adalah para pengkhianat
وعلماء فسقة
Dan para 'Ulama yang ahli ma'siat(faasiq)
وعرفاء ظلمة
Dan orang-orang arif-nya justru dholim

فيكفيك من منفعة العقل أن يهديك إلى صدق النبي صلى الله عليه
Cukup bagimu,dari bentuk kemanfaatan akal,akal tersebut menuntunmu untuk percaya dengan Nabi Saw
ويفهمك موارد إشارته
Dan akal tersebut memberikan kefahaman agar engkau mengerti atas apa-apa yang menjadi tujuan Nabi Saw
فاعزل العقل بعد ذلك ولازم الاتباع
Maka setelah itu(percaya&mengerti apa tujuan Nabi Saw)...tinggalkan akalmu&wajibkan dirimu untuk selalu mengikuti Nabi Saw
فلا تسلم إلا به
Karena engkau tidak akan selamat kecuali(engkau meninggalkan akalmu,untuk engkau selalu mengikuti)dengan-nya Nabi Saw...
#الامام_الغزالي رحمه الله
#Al-Imam Al-Ghozali Ra.

HIKMAH / MAKNA DARI NAMA FAM DIKELUARGA BA'ALWI

Kita dapat mengambil ibrah (pelajaran) dari nama-nama para leluhur Habaib. Ungkapkan singkat yang memiliki makna yang sangat dalam, mari kita renungkan bersama.

Alaikum bi “AL HADDAD“ (Jadilah pandai besi). Artinya orang yang selalu menempa diri agar menjadi lebih baik, menjauhkan diri dari maksiat, dan menghiasi diri dengan taat.

Alaikum bi “Al ATHTHOS“, Al Atas ( Orang yang bersin ). Bukan hanya fisik yang di tempa, namun kotoran-kotoran yang ada dalam diri kita yang berupa penyakit-penyakit hati, kita keluarkan dari tubuh kita.

Alaikum bi “AL FAQIH“ (Orang yang pandai dalam ilmu agama). Jikalau kita telah menguasai ilmu agama dan memahaminya dengan benar tentulah akan mudah bagi kita untuk mencapai ridho Allah.

Alaikum bi “BA‘ABUD“ (Ahli Ibadah). Tujuan dari Tafaqquh fid Din (Belajar agama) adalah untuk diamalkan, dengan bekal ilmu, kita dapat mengerjakan ibadah dengan benar dan sesuai yang diharapkan.

Alaikum bi “JAMALULLAIL“ (Keindahan malam). Belum sempurna ibadah seorang hamba bila belum mampu merasakan dan membiasakan untuk bangun diwaktu malam dan menghidupkannya dengan sholat tahajjud dan tafakkur.

Alaikum bi “AL IDRUS“ (Orang yang selalu belajar). Mu’min yang sejati adalah orang yang selalu belajar, bukan hanya belajar secara formal, namun juga mengambil Ibroh (pelajaran) dari segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan kita.

Alaikum bi “YAHYA“ ( Orang yang hidup). Jikalau semua hal tersebut sudah dapat kita kerjakan, maka kita akan menjadi orang yang benar-benar hidup.

Alaikum bi “SYIHAB“ (Obor). Seseorang yang telah menguasai ilmu agama, mampu mengamalkannya dan peka terhadap lingkungan sekitar tentu akan menjadi pelita bagi ummat, yang menerangi sekaligus menunjukkan jalan yang benar.

Alaikum bi “SAQQOF“ (Atap). Pemimpin bukan hanya sekedar orang yang mampu memberi pengajaran pada umat, namun juga siap mengayomi semua umat, memberi keteduhan dari panasnya terik matahari dan hujan. Pemimpin adalah orang yang bersedia berkorban demi kepentingan umum.

Sumber : Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Yahya.